Bisnis Rumah Kos (Bag I dan II)

Bisnis Rumah Kos (bagian 1)

Salah satu bisnis yang banyak dilakukan orang sejak dulu yang mendatangkan penghasilan yang sangat lumayan atau bahkan dapat dikatakan menjadi pendapatan utama adalah bisnis rumah kos. Salah satu alasan yang sangat masuk akal mengapa bisnis ini banyak digeluti orang karena banyak orang membutuhkan tempat tinggal sementara lahan yang tersedia semakin sedikit.

Disamping itu dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia, semakin cepat pula orang berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari suatu kota/daerah ke kota/daerah lainnya. Hal inipun menguntungkan bagi bisnis rumah kos, karena saat berpindah seringkali orang tidak langsung dapat memiliki tempat tinggal berupa rumah sehingga memerlukan tempat tinggal sementara. Kebutuhan tempat tinggal sementara ini dapat dipenuhi oleh hotel dan penginapan namun kebanyakan hotel dan penginapan mematok harga yang cukup mahal sehingga orang beralih ke rumah kos yang dalam perhitungan biaya jika tinggal di rumah kos dalam sebulan kira-kira sama dengan tinggal di hotel 1 sampai 7 hari saja.  Apalagi jika kos-kosan tersebut terletak di daerah strategis maka semakin banyaklah orang berminat terhadap rumah kos tersebut.
Bisnis rumah kos hanya membutuhkan manajemen yang sangat sederhana, sehingga semua orang bisa melakukannya. Yang menjadi kendala adalah pendanaan saat akan membangun rumah kos tersebut. Apalagi jika ingin mendirikan rumah kos yang letaknya di daerah strategis (dekat fasilitas umum, tengah kota, perkantoran, sekolah, dll) karena pada umumnya harga tanah di daerah tersebut sudah selangit.

Tips memulai bisnis rumah kos:
  1. Cari lahan yang strategis untuk mendirikan rumah kos atau cari rumah kos di area strategis yang telah berjalan untuk dibeli.
  2. Pikirkan bagaimana cara mendapatkan dana jika dana anda tidak mencukupi.
  3. Tentukan target utama yang akan menjadi penghuni dari rumah kos anda.
  4. Sesuaikan bentuk/denah rumah kos anda dengan target penghuni anda.
  5. Pikirkan cara untuk mempromosikan rumah kos anda (hal ini dapat dilakukan sejak awal ataupun menjelang akhir pembangunan rumah kos).
Demikian langkah-langkah awal yang harus dipersiapkan saat akan memulai bisnis rumah kos sesuai pengalaman yang saya alami.


Bisnis Rumah Kos (bagian 2-selesai)


Pada bahasan Bag I, saya menyebutkan tips/langkah berikut sesuai dengan pengalaman saya.

Tips memulai bisnis rumah kos:
  1. Cari lahan yang strategis untuk mendirikan rumah kos atau cari rumah kos di area strategis yang telah berjalan untuk dibeli.
  2. Pikirkan bagaimana cara mendapatkan dana jika dana anda tidak mencukupi.
  3. Tentukan target utama yang akan menjadi penghuni dari rumah kos anda.
  4. Sesuaikan bentuk/denah rumah kos anda dengan target penghuni anda.
  5. Pikirkan cara untuk mempromosikan rumah kost anda (hal ini dapat dilakukan sejak awal ataupun menjelang akhir pembangunan rumah kos).
Selanjutnya saya akan membahas kelima tips/langkah tersebut.
  1. Cari lahan atau rumah kost yang strategis untuk dibeli.
  2. Menurut saya langkah ini adalah langkah awal yang sangat penting untuk kelangsungan dan nantinya menentukan keberhasilan ”income” anda dan dalam menentukan siapa target utama penyewa rumah kost anda. Karena dengan letak yang strategis akan meningkatkan nilai jual rumah kost anda ke penyewa. Lokasi yang strategis menurut saya adalah lokasi yang berdekatan dengan pusat-pusat kegiatan publik seperti mall, perkantoran, sekolah, bahkan rumah sakit dan pabrik. Dalam bisnis rumah kos, memiliki lokasi strategis dengan luas tanah yang kecil akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan memiliki lahan yang luas namun jauh dari pusat kegiatan publik.
  3. Pendanaan.
  4. Setelah anda mendapatkan lokasi yang strategis biasanya yang menjadi kendala adalah pendanaan untuk membeli lahan dan membangun. Hal ini juga saya alami saat memulai bisnis rumah kost saya. Sumber-sumber pendanaan bisa didapatkan melalui bank, relasi, keluarga, maupun investor. Setelah anda mendapatkan sumber dana anda dapat melangkah ke langkah/tips ke-3
  5. Target Rumah Kost
  6. Anda harus menentukan siapa target utama rumah kost anda, apakah pelajar/mahasiswa, karyawan (hal ini dapat dibagi 2 karyawan menengah ke bawah atau menengah keatas), rumah kost untuk laki-laki atau hanya untuk perempuan ataukah bisa campur, bahkan target anda adalah para ekspatriat yang bekerja di Indonesia. Penentuan target ini sangatlah penting karena akan mempengaruhi dalam menentukan bagaimana cara mengelola rumah kost, bentuk bangunan, dan fasilitas-fasilitas yang akan disediakan pada rumah kost tersebut. Faktor target penyewa ini sangat berkaikan dengan lokasi lahan (langkah 1), jika lahan anda berada di area perkantoran maka target anda biasanya adalah para pekerja yang berkantor di area tersebut, demikian pula jika dekat pabrik dan sekolah. Untuk rumah kost yang berdekatan dengan rumah sakit biasanya target utama adalah keluarga dari pasian yang harus dirawat inap di rumah sakit yang berdekatan.
  7. Bentuk/denah bangunan.
  8. Hal ini berkaitan dengan siapa target yang akan menyewa rumah kost anda dan fasilitas yang harus disediakan. Jika target penyewa adalah karyawan kantoran biasanya mereka menginginkan rumah kost denagn kamar yang tenang, nyaman, kamar mandi dalam, parkiran luas. Mereka lebih mementingkan privasi sehingga letak kamar yang berhadapan biasanya kurang disenangi, lain halnya dengan pelajar/ mahasiswa biasanya mereka tidak terlalu memperhatikan luas perkiran, apakah  terdapat kamar mandi dalam, dan mereka cendrung untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan penghuni lainnya. Saat membangun ada baiknya berkonsultasi dengan arsitek ataupun design interior.
  9. Promosi
  10. Rumah kost yang letaknya strategis, nyaman dan aman dengan fasilitas lengkap jika tidak dipromosikan akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk dikenal oleh calon penyewa. Apalagi jika rumah kost yang terdapat di area yang tidak strategis. Untuk itu diperlukan promosi agar dapat memperkenal/memberitahu masyarakat luas akan rumah kost tersebut. Hal ini dapat dilakukan melalui penyebaran brosur, menempelkan papan pengumuman atau spanduk di depan rumah kost, memasang iklan di surat kabar dan internet. Salah satu promosi yang paling efektif adalah menggunakan internet, terdapat banyak situs-situs promosi gratis yang dapat digunakan. Dengan internet promosi tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Orang yang berada bermil-mil jauhnya dapat melihat promosi anda dalam 24 jam dan 7 hari seminggu.
Demikian langkah/tips yang dapat saya bagikan sesuai pengalaman, semoga berguna.

Sumber :
1. http://enost.wordpress.com/2010/03/10/bisnis-rumah-kos-bagian-1/
2. http://enost.wordpress.com/2010/04/08/bisnis-rumah-kos-bagian-2-selesai/

Apakan Anda Ingin info terbaru lansung ke email Anda? Silahkan Masukkan alamat email Anda untuk gratis berlangganan. Terima kasih atas kunjungannya.


Delivered by FeedBurner

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites